Happy Life

Saturday, May 29, 2010

Toyota Kijang Inova Berstandard Emisi Euro 2


Mengenal lebih jauh perkembangan teknoligi Toyota kijang, kali ini mari kita simak lebih detail mengenal teknologi Toyota Kijang innova sebagai generasi terkini Toyota Kijang.

Toyota kijang Innova mengalami transformasi cukup signifikan pada komponen penghasil tenaganya dan sdah mengaplikasikan standard emisi Euro 2. Selain lebih ramah lingkungan karena emisi bisa ditekan, Kijang Innova juga lebih irit.

CATALYTIC CONVERTER

Pada dasarnya , mesin 1TR-FE yang dihasilkan kijang innova merupakan hasil rancangan mesin masa kini yang canggih. Mesin empat silinder segaris 1.998cc yang menghasilkan tenaga 136Hp/5.600 rpm dengan torsi maksimal 183 Nm/4.000 rpm ini sdah dilengkapi rangkaian katup DOHC dengan sistem VVT-i dan teknologi drive by wire.

Perkembangan teknologi pada mesin untuk memenuhi standar Euro 2 lebih canggih lagi.Paling terlihat adalah hadirnya catalytic converter pada saluran gas pembangan. Perangkat tersebut berfungsi menyaring gas-gas beracun dari hasil pembakaran mesin sebelm dibang ke udara bebas.

Namun, penggnaan catalytic conferter tidak sendirian. Karena sistem injeksi pn dirubah menjadi sistem closed loop. Oxygen sensor merupakan tanda hadirnya sistem closed loop. Sensor ini membaca jumlah oxygen pada gas buang sehingga campuran bahan bakar dan udara selalu terjaga ideal pada angka 4,7:1. Dengan adanya sensor oksigen ini maka setelan CO sudah tidak ada lagi

Beberapa peranti pendkng lain pun berbeda dari kijang innova generasi awal. Sperti charchoal cannister yang sebelimnya ada di belakang, kini lebih besar dan tampak ada di ruang mesin dengan stadard Euro yang lebih tinggi biasaa perangkat tersebut jga akan lebih besar.

Saluran bahan Bakar pun berubah. Khusnya injektor, meski tidak tampak juga di ganti. Jika sebelimnya hanya 4 lubang, yang baru memiliki 2 lubang. Atomisasi bahan bakar akan lebih baik maka pembakaran pn lebih semprna dan efisien si bahan bakar dapat dicapi sehingga pemakaian BBM dapat lebih hemat.

Labels:

posted by Happy Life at 6:25 PM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home