Happy Life

Thursday, June 3, 2010

TIPS DAN TRIK AIR SOFT GUN TIPE STEYR AUG MERK BOTH ELEPHANT



Setelah mengulas artikel mengenai air soft gun maka kali ini saya akan memberi preview tentang salah satu jenis AEG (Air Elektrik Gun) merk both elephant model steyr yang baru saya beli dari seorang teman saya, AEG (air electric gun) merk both elephant di kalangan pecinta air soft gun dikenal sebagai merk low end dimana material yang digunakan pada body senjata replica tersebut hampir sebagian besar terbuat dari plastic,selain itu material yang digunakan juga kurang mumpuni bila dibandingkan dengan merk serta produk produk AEG dari china lainnya yaitu jing gong ataupun cyma. Tingkat kecepatan peluru yang dilontarkan pun saat keluar dari pabrik juga tergolong pas pasan yaitu sebesar 250 fps, bandingkan dengan AK-47 merk cyma yang memiliki kecepatan hingga 350-400fps dalam kondisi standard.



Tapi bagi teman teman yang memiliki Steyr AUG merk BE (both elephant) tidak usah berkecil hati,karena ‘mainan’ tersebut masih bisa di modifikasi,dan bisa tembus hingga 450fps atau bahkan 500fps! Maka jangan buang ‘mainan’ anda. Dan inilah trik dan tipnya



1. Perbaikan kompresi

Kelemahan ‘mainan’ tersebut yang utama adalah terletak pada karet hop up nya yang tidak bisa di stel atau di sebut dengan fix hop up. Dimana karet tersebut memegang peranan utama untuk ikut andil dalam melontarkan BB secepat mungkin dan sejauh mungkin. Karet hop up initnya adalah sebagai “pemegang” BB dan memiliki tonjolan yang di tekan oeh suatu tuas yang diatur memakai roda gigi setelan hingga membuat BB menjadi naik saat ditembakkan. Dan menjaga kebocoran kompresi sebagai udara padat untuk mendorong BB. Tapi tidak demikian hal nya dengan karet hop up yang dimiliki oleh Steyr BE,karet hop up nya sangat kecil dan pendek dan hanya ditekan oleh selongsong drum yang di pasang kan dengan sebuah chamber yang tidak terbuat dari metal. Nah untuk mengakalinya cukup sediakan selotipe pipa yang biasa untuk melapisi ulir keran pipa air minum yang banyak di jual di toko toko besi, usahakan yang terbuat dari bahan 100% Teflon. Bungkuslah karet ho up tersebut dengan cara melingkar hingga menyatu dengan barel,tapi ingat jangan terlalu kencang karena akan terlalu erat karet hop up tersebut menggenggam BB dan jangan terlalu tebal karena drum tidak akan bisa menutup pada karet hop up, setelah dilapisi selotip pipa maka masukkan selongsong drum lalu balut sambungan drum dengan isolatip secara kuat,tapi jangan terlalu tebal,karena akan mengakibatkan drum tidak akan bisa masuk pada barel plastic. Tes kompresi dengan cara menutup ujung barel dan lubang BB pada chamber dengan jari tangan lalu tiup dengan keras jika berat dan tidak terjadi kebocoran maka kompresi sudah bagus.



2. Up grade jeroan gear box

Setelah kompresi padat dan tidak terjadi kebocoran maka langkah selanjutnya adalah upgrade jeroan gear box,untuk mengganti peer hingga ukuran 130 hingga ke atas maka piston sebaiknya diganti dengan metal diikuti penggantian gear serta gear box agar lebih kuat dan awet,jangan lupa menambah perangkat delayer untuk menghindari miss feed, penggantian gear juga sesuai selera apakah menggunakan gear torsi untuk mengejar fps tinggi atau gear yang khusus untuk mengejar rof tinggi, kuncinya ada pada per, semakin tinggi ukuran per semisal diatas 130 maka semakan besar pula kekuatan yang dibutuhkan untuk menarik per tersebut maka penggantian seluruh komponen sangatlah di wajibkan hingga penggantian dynamo dan batrey kemampuian tinggi juga wajib dilakukan.



Setelah langkah langkah upgrade di lakukan maka cobalah tembakkan BB anda, seharusnya tembakan bb sudah sangat cepat dan bisa diukur dengan chronometer, semakin tinggi langkah modifikasi maka semakin tinggi pula fps yang didapatkan, dan seharunya pula bb akan keluar secara ‘sedikit’ naik ke atas,karena menurut saya lebih baik BB sedikit naik daripada turun Karen jangkauannya akan lebih jauh. Jika anda menghendaki BB turun maka anda dapat mengakali nya dengan memakai BB yang memiliki berat lebih dari 0.2 gram. Karena kelemahan utama steyr BE adalah pada letak karet hop up nya yang tidak bisa di stel. Serta penggantian barel berkualitas bagus yang tidak bisa dilakukan seperti mengganti dengan tet barel.



Ada beberapa teman saya yang menyarankan untuk menganti selongsong outer barel serta barel komplit dengan metal chamber steyr milik jing gong, tapi setelah saya coba dan di tembakkan BB tidak keluar dan mengalami miss feed, analisa saya dan teman teman hal tersebut bisa diakali dengan mengganti tapet yang sesuai dengan produk jing gong. Tapi untuk mendapatkan ‘kanibalan’ selongsong barel dan outer barel komplet dengan metal chamber dari merk jing gong juga bukanlah persoalan yang mudah.



Nah inilah spesifikasi upgrade steyr BE milik saya hingga mencapai 500 fps

1. per 170 modyfied

2. piston metal (lupa merknya)

3. gearbox cyma (seri paling baru)

4. metal bushing

5. delayer

6. gear type torsi (lupa merknya)

7. dynamo pantat merah second (lupa merknya)

8. batrey fire fox 35c



estimasi biaya upgrade yang dikeluarkan 1,5-2jt, tapi itu masih bisa diturunkan spek nya hingga tidak mencapai kisaran harga tersebut sesuai dengan fps yang diinginkan, sebagai gambaran saya membeli steyr BE second milik teman saya dengan ukuran per 120 dengan haraga 600rb dan biaya yang dikeluarkan adalah 1,5jt.

Bagi para pecinta air soft gun pasti lebih memilih ‘mainan’ baru dengan fps yang sudah tercipta tinggi, tapi buat saya, akan lebih menantang jika kita tidak hanya mampu membeli ‘mainan’ mahal tapi merubah ‘mainan’ murahan menjadi lebih berkualitas, seperti sebuah prinsip yang dianut oleh pecinta offroad tanah air yaitu “not how to buy but to build”

Labels:

posted by Happy Life at 7:54 AM

5 Comments:

This comment has been removed by the author.

June 28, 2010 at 11:18 PM  

gw pingn bgt bli tp gw bingung gan...gmn donk cara milihx biar gak salh beli??

September 9, 2010 at 7:58 AM  

wa are serv the Air soft gun store at www.airsoftgun.in choose the air soft gun you want and choose the price.

October 4, 2010 at 8:16 AM  

pilih yang merk bagus.kalo yang buatan cina yaitu Jing Gong dan ANK, tapi dah jarang karena pabriknya di tutup. Masih ada alternatif lain yaitu GNP buatan Hong Kong, tp mahal sekitar 5 jutaan. Ada Tokyo Marui butana Jepang 7 jutaan.
Ada harga ada rupa, kalo bahannya besi maka semakin awet AEG nya perhatikan pula bahan gearbox dan bahan bushing nya yg juga harus metal.
visit ke meandmyhobby.blogspot.com ya..nanti kita sharing di sana

October 14, 2010 at 9:37 AM  

bahan abs nya gimana,,, kuat ga,, brarti klo bisa jangan beli merk BE ya?

October 20, 2010 at 6:29 PM  

Post a Comment

<< Home