Happy Life
Friday, June 4, 2010
Kejayaan Datsun SSS di masa lampau
Di kalangan pecinta otomotif rasanya tidak mungkin asing mendengar sebuah sedan datsun SSS aatu dikenal dengan nama tripel S, tidak hanya melegenda di semua sudut jalanan di kota kota besar Indonesia, tapi juga di dunia dan di negara paman sam, bahkan menjadi raja jalanan di dunia balap, tidak hanya memiliki sebentuk sebuah sedan kompak dan manis untuk di lihat tapi di masanya sedan ini di bekali dapur pacu yang cukup bertenega di masa nya dengan mesin berkapasitas 1600cc dan karburator SU serta suspensi belakang yang sudah memiliki teknologi independent, merupakan hal yang luar biasa untuk sebuah mobil bekas seusianya.
Varian yang ditawarkan Datsun sebagai mobil kencang dan nyaman juga tergolong banyak, mulai dari sedan besar 260c dan 280c, mobil medium seperti 120y, 160j, 180 B serta yang melegenda adalah SSS. Namun ada juga varian yang small size seperti datsun P510 kotak atau versi pick up dengan mesin 1000 dan 1200cc
Meski sudah berganti nama menjadi Nissan karena mengalami ke bangkrutan, mobil dengan logo D ini masih teringat jelas di benak para pecinta otomotif baik di masa dulu hingga di masa sekarang terutama triple S, mobil ini memang dirangcang tidak hanya memenuhi standard kenyamanan tetapi juga performa dan kecepatan, sebuah sedan triple kondisi styandard jaman dahulu saat keluar dari dealer, kononbias melesat tembus di kisaran angka 179km/jam, sebuah kecepatan yang amat sangat bagus diukir oleh mobil pada masa itu, bahkan amatlah sangat mungkin dengan sedikit polesan dan upgrade di beberapa bagian mesin, triple S mampu bersaing di dunia balap masa kini. Sebut saja pembalap tahnun 70an yang merasakan panasnya sirkuit ancol asal solo ini, yang masih menyimpan sebuah datsun triple S di rumahnya “mobil saya masih memakai karburator 2 barel kompresi di setiap silindernya masih sangat bagus, sebagai kenangan masih saya pakai buat jalan jalan di seputar kota solo” ungkap Drs Sri yoedono dengan bangga sambil bersandar di sedan triple S.
Tak heran jika Datsun memiliki sejarah yang cukup melegenda tidak hanya di tanah air bahkan di australia dan inggris pun masih menggelar kejuiaraan relly untuk mobil lawas ini. Komponen parts dan suku cadanng triple S pun masih sangat mudah di dapatkan di berbagai sentra onderdil, bisa juga memakai kanibalan mrk lain ataupun menggunakan asesoris replika semacam mud guard,door trim,ataupun spion hingga logo triple S.
Bicara mengenai harga pasaran , memang tak pernah ada patokan pasti semuanya tergantung kondisi,tingkat ke originalan mobil tersebut dan populasi mobil yang masih beredar, biasanya rata rata bermain di kisaran 5-15 jt untuk varian sedan 4 pintu tipe medium size, namun ada juga yang melempar di pasar dengan harga 25jt dengan kondisi yang sangat istimewa. di arena balap retro sirkuit Sentul. Dari beberapa merk yang mengadu nasib di lintasan balap, sebagian masih di dominasi merk datsun terutama memakai tipe triple S. Kiprah triple S juga terjadi di Rally safary Afica Timur yang bisa bersaing dan mengalah kan BMW serta Alfa Romeo.
Untuk itu mari kita simak selanjutnya spesifikasi Datsun triple SSS tahun 1972
1. Di pangsa pasar amerika dikenal dengan nama Datsun blue bird, dan di indonesia akarab dipanggil triple S.
2. Di indonesia beredar body $ pintu seang versi coupe hanya di jual dan beredar di Amerika.
3. Interior standard berwarna hitam.logo SSS ada di stir mobil, logo tersebut juga di jumpai pada tongkat pers neling dan pada kompartemen mesin
4. kapasitas mesin 1595cc memakai karburator SU buatan hitachi ukuran 38mm
5. kekuatan mesin 109 daya kuda pada 6000R-m
6. tingkat percepatan 4 kecepatan dan satu persneling mundur
7. 3,7:1 rasio pengereman depan memakai rem cakram dan belakang memakai rem teromol
8. ukuran velg R13
9. sistem suspensi depan memakai independent McPherson stuts dan belakang memakai independent semi lengan trailing, per suspensi yang cukup keras dan menggunakan anti roll bar yang cukup kaku
10. top speed 105mph
11. konsumsi bensin rata2 28 mpg (10 liters/100km)
Labels: AUTOMOTIVE
posted by Happy Life at 9:08 AM
0 Comments:
Post a Comment
<< Home